Begini Cara Kerja Siwak dalam Mencegah Timbulnya Plak Gigi

Begini Cara Kerja Siwak dalam Mencegah Timbulnya Plak Gigi

Oleh  Roby Rizki

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:  dr. Carla Pramudita Susanto

Bagi sebagian masyarakat Indonesia mungkin sudah mengenal siwak dan bahkan juga tahu mengenai manfaat siwak untuk gigi. Di sisi lain, siwak mungkin masih terdengar asing di telinga apalagi manfaat yang ditawarkan. Siwak adalah sebuah batang tanaman yang dikeringkan dan digunakan dengan cara dikunyah.

Siwak berasal dari akar, ranting, dan batang tanaman dengan nama biologis  Salvadora persica.  Ini telah digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai metode alami untuk membersihkan gigi di berbagai belahan dunia. Tapi apa kandungan dan bagaimana cara kerja siwak dalam menjaga kesehatan dan kebersihan gigi?

Kandungan dan manfaat siwak untuk gigi

Para  peneliti  telah menemukan berbagai komponen bioaktif alami dari ekstrak  Salvadora persica  atau siwak. Komponen tersebut dianggap penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut termasuk gigi. Apa saja efek manfaat siwak untuk kesehatan gigi?

  1. Antibakteri  Sebuah  studi  menyimpulkan bahwa manfaat siwak untuk gigi dalam produk seperti pasta gigi atau  mouthwash  (obat kumur), lebih efektif dalam menurunkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dibandingkan dengan pasta gigi biasa. Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa siwak memiliki aktivitas antimikroba yang signifikan terhadap bakteri aerob (butuh oksigen untuk hidup) dan anaerob (tidak membutuhkan oksigen).
  2. Antijamur  Beberapa kajian telah menunjukan bahwa siwak memiliki sifat antijamur. Ekstrak aseton dari batang siwak yang sudah dikeringkan sebanyak 300 mg/ml menunjukan aktivitas penghambatanpernghabatan tertinggi terhadap  Candida albicans, Candida glabrata,  dan  Candida parapsilosis  (jenis-jenis jamur). Manfaat siwak untuk gigi berarti bekerja menghambat pertumbuhan jamur di gigi Anda.
  3. Analgesik  Dilansir pada sebuah  kajian  yang meneliti kandungannya, miswak atau siwak juga ternyata bersifat analgesik (meredakan rasa nyeri), astringen (mengurangi sekresi), dan anti-inflamasi (radang). Sehingga efektif digunakan sebagai pengobatan untuk penyakit ringan di sekitar gigi. Selain itu, tercatat bahwa pasien yang menggunakan siwak secara teratur mengalami insiden sakit gigi yang lebih rendah dibandingkan mereka yang menggunakan sikat gigi.
  4. Anti-plak  Penyebab utama dari gingivitis dan gangguan kondisi kesehatan sekitar mulut lainnya adalah akumulasi bakteri plak. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari akumulasi plak dan menjaga kebersihan mulut secara teratur.  Salvadora persica  atau siwak pada umumnya digunakan dengan cara digosokkan pada permukaan gigi sehingga tingkat akumulasi plak harian akan berkurang. Namun, manfaat siwak untuk gigi dapat juga berupa bahan dalam pasta gigi atau obat kumur. Pasta gigi yang mengandung ekstrak siwak ditemukan secara signifikan lebih efektif dalam menghilangkan plak gigi, dibandingkan dengan pasta gigi lain dalam penelitian tersebut.
  5. Antikariogenik  Sejumlah  studi  tentang penyakit menular mengungkapkan bahwa  Salvadora persica  atau siwak memiliki efek anti kerusakan yang kuat. Dalam survei kesehatan yang dilakukan di Sudan, melaporkan prevalensi karies yang lebih rendah di antara pengguna siwak dibanding pengguna sikat gigi biasa. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa manfaat siwak untuk kesehatan gigi dapat menawarkan strategi baru untuk mengurangi perkembangan karies gigi. Caranya yaitu dengan menghambat adhesi awal dan pembentukan biofilm selanjutnya oleh bakteri kariogenik.

Efektivitas siwak dalam pasta gigi

Metode untuk menghilangkan plak yang terbaik dan utama agar kebersihan mulut tetap terjaga adalah menghilangkan plak secara mekanis dengan menyikat dan flossing gigi.

Berbagai pasta gigi dengan kandungan siwak sekarang ini sudah banyak beredar di pasaran. Hal ini membuktikan bahwa manfaat siwak untuk gigi dalam menghilangkan bakteri plak sudah dikenal banyak orang. Pembentukan plak di gigi dilaporkan lebih lambat apabila seseorang menggunakan obat kumur siwak.

Ditambah lagi, manfaat siwak untuk gigi yang terkandung dalam pasta gigi secara signifikan lebih efektif mengurangi  Lactobacillus  (bakteri). Apabila dibandingkan dengan pasta gigi biasa, pasta gigi yang mengandung siwak secara seketika ataupun dalam rentan waktu pemakaian tertentu, lebih baik dalam mengurangi bakteri.

Fakta menarik lain Satu fakta terakhir mengenai siwak yaitu pasta gigi yang mengandung siwak dan mint dapat secara signifikan mengurangi jumlah bakteri di rongga mulut. Mengingat daun mint dapat memberikan sensasi dingin atau segar, pasta gigi dengan kandungan siwak dan mint membantu memungkinkan memberi efek mencegah pertumbuhan bakteri sekaligus menyegarkanmenyergarkan mulut. KesimpulannyaSimpulannya adalah produk yang mengandung siwak lebih efektif dalam mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut dan gigi dibandingkan dengan pasta gigi atau produk biasanya.

 

Sumber:

  • Niazi, F., Naseem, M., Khurshid, Z., Zafar, M. S., & Almas, K. (2016). Role of Salvadora persica chewing stick (miswak): A natural toothbrush for holistic oral health.  European Journal of Dentistry10 (02), 301–308. https://doi.org/10.4103/1305-7456.178297  https://www.ncbi.nlm.nih.gov
  • Haque, M., & Alsareii, S. (2015). A review of the therapeutic effects of using miswak (Salvadora Persica) on oral health.  Saudi Medical Journal36 (5), 530–543. https://doi.org/10.15537/smj.2015.5.10785  https://www.ncbi.nlm.nih.gov
  • Al-Dabbagh, S., Qasim, H., & Al-Derzi, N. (2016). Efficacy of Miswak toothpaste and mouthwash on cariogenic bacteria.  Saudi Medical Journal37 (9), 1009–1014. https://doi.org/10.15537/smj.2016.9.15855 https://www.ncbi.nlm.nih.gov

Bagikan ini

AddThis is disabled because of cookie consent