Seorang pria mengalami gigi ngilu saat mengonsumsi es krim

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Saat Makan Asam

Tahukah Anda bahwa setiap jenis makanan yang Anda konsumsi sangat menentukan kesehatan gigi dan mulut Anda? Jika tak bijak memilih, beberapa jenis makanan bisa mengganggu kesehatan gigi Anda. 

Hal yang terlihat sepele seperti menggigit es batu atau kacang berisiko menyebabkan gigi retak, bahkan patah. Sering mengunyah permen karet juga bisa membuat gigi cepat keropos akibat kandungan gula yang menempel cukup lama pada gigi.

Banyak orang sangat menyukai makanan asam. Selain kebiasaan menyikat gigi terlalu keras, mengonsumsi makanan asam secara berlebih juga bisa memicu penipisan email dan menyebabkan gigi sensitif, lho . Zat asam dapat mengikis lapisan mineral terluar gigi secara perlahan. Inilah yang membuat gigi ngilu saat makan asam atau manis, menggigit makanan panas, hingga menyeruput minuman dingin atau panas sekalipun. 

Sisa makanan di sela gigi yang tak dibersihkan dengan baik juga bisa menyebabkan radang gusi, gigi ngilu , bahkan gigi berlubang. Oleh karenanya, sangat penting untuk menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung zinc , mineral HAP, dan fluoride seperti Sensitive Mineral Expert by Pepsodent  setiap hari untuk memperbaiki lapisan mineral gigi dan menjaga gusi tetap sehat!

Makanan Asam Sebabkan Gigi Sensitif

Asam adalah salah satu penyebab utama gigi kehilangan lapisan mineralnya. Kabar buruknya, zat asam yang mengikis enamel gigi tak hanya bersumber dari makanan asam semata. Namun juga bisa dihasilkan oleh gula atau karbohidrat yang diubah jadi asam oleh mikroorganisme yang ada di dalam mulut sehingga menyebabkan proses demineralisasi email dan gigi berlubang. Sementara makanan dan minuman asam akan menyebabkan proses hilangnya lapisan gigi secara kimia yang disebut erosi dan menyebabkan gigi sensitif

Tak perlu menunggu gigi ngilu saat makan asam untuk mengganti pasta gigi biasa menjadi dengan yang mengandung zinc dan fluoride. Aksi memperkuat email gigi bisa dimulai saat ini, dengan memperbaiki kebiasaan atau pola makan Anda. 

Beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya Anda kurangi untuk menjaga keseimbangan pH mulut dan mencegah gigi ngilu:

  • Minuman manis/bersoda
  • Minuman berenergi 
  • Kopi 
  • Jus buah tinggi kadar keasaman (seperti jus jeruk)
  • Tomat
  • Acar

Meski makanan asam perlu dihindari untuk mencegah terjadinya penipisan enamel gigi, namun perlu diingat bahwa makanan asam tak sepenuhnya buruk. Kombinasikan makan buah yang asam dengan sayuran hijau, contoh tomat dan selada yang dapat merangsang produksi saliva dalam mulut, yang memiliki fungsi untuk membersihkan sisa makanan pada sela gigi.

Makanan Manis yang Perlu Dihindari Demi Keseimbangan pH Mulut

Gula merupakan dalang utama berbagai masalah mulut. Sayangnya, Anda tak bisa sepenuhnya menghindari gula, karena gula ada nyaris di setiap makan yang Anda santap. Gula tersembunyi bisa ditemukan dalam saus tomat, sereal, yoghurt , bahkan dalam madu dan buah segar.  Gula akan diubah menjadi asam oleh bakteri di rongga mulut dan menjadi asam yang akan mendorong terjadinya proses hilangnya email yang menyebabkan gigi berlubang. 

Jaga asupan makanan dan minuman kita untuk menjaga kesehatan rongga mulut, kurangi :

Makanan Bergula Tinggi . Seperti cake , biskuit, dan permen manis.

Minuman Manis. Seperti cola, jus, teh manis, dan es kopi susu.

Buah Asam. Seperti tomat, lemon, jeruk, dan manisan buah.

Perempuan meminum jus kesehatan

Cara Terbebas Dari Gigi Ngilu Saat Makan Asam

Kunci atau cara mengatasi gigi ngilu akibat makanan asam cukup sederhana, yaitu dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan telaten. Berikut sederet upaya yang bisa Anda lakukan:

Menyikat Gigi Dua Kali Sehari. Usahakan pakai  sikat gigi berbulu lembut yang tidak menyakiti gusi. Hindari langsung menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang mempunyai kadar keasaman tinggi , karena bisa melemahkan dan mengikis lapisan enamel gigi. Setidaknya, beri jeda satu jam agar saliva bisa menetralisir asam pada mulut. Sebaiknya gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, HAP, dan zinc untuk menggantikan mineral gigi yang terkikis.

Hindari Camilan Asam. Hal ini akan sangat membantu pencegahan penipisan email ada gigi Anda. 

Gunakan Sedotan Saat Minum. Ini berguna untuk menghindari kontak langsung antara gigi depan dengan minum minuman asam. 

Banyak Minum Air Putih. Rajin minum air putih berguna membersihkan mulut dari zat asam yang menempel pada gigi. 

Bagikan ini

AddThis is disabled because of cookie consent