Ibu hamil mengonsumsi minuman sehat

Cara Merawat Kesehatan Gigi di Saat Kehamilan

Selama hamil sembilan bulan, tubuh mengalami banyak perubahan yang signifikan, mulai dari berat badan, kelembapan kulit, hingga kondisi tidak nyaman di rongga mulut. Beberapa orang mengeluhkan masalah sakit gigi saat hamil. Apakah Anda juga mengalaminya? 

Penyebab sakit gigi pada ibu hamil bisa beraneka macam, salah satunya karena gigi dan gusi sensitif. Mengapa gigi menjadi lebih sensitif saat hamil? Bagaimana cara kita menghadapinya dengan aman, agar si Kecil serta ibunya tetap sehat? Berikut adalah ulasannya.

Mengapa kehamilan menyebabkan gigi sensitif?

Satu kata yang tepat untuk menjawabnya adalah hormon. Perubahan hormon saat hamil dapat menyebabkan kenaikan berat badan, perubahan mood, energi, dan masih banyak lagi. Dari sisi biologis, hormon memang memiliki pengaruh yang besar pada tubuh.

Salah satu perubahan nyata yang disebabkan oleh hormon adalah kenaikan suhu badan.  Keadaan ini menyebabkan jantung memompa lebih banyak darah, sekitar 30%-50% lebih banyak daripada kondisi normal. Perubahan ini juga memengaruhi kemampuan tubuh untuk merespons bakteri. Perubahan pada tubuh meliputi perubahan bakteri di rongga mulut dan meningkatkan insidensi penyakit mulut. Akibatnya, gigi dan gusi jadi rawan terinfeksi dan terjadi peradangan. Peradangan inilah yang merupakan salah satu penyebab utama gigi sensitif.

Selain itu, meningkatnya aliran darah juga berdampak pada kondisi gusi serta membuat gigi lebih sensitif. Apalagi saat hamil, tubuh Ibu juga ikut beradaptasi dengan tumbuh kembang janin. Akibatnya, tubuh akan lebih peka terhadap jenis dan suhu makanan tertentu dibanding saat normal. Respons tersebut dapat memicu rasa sakit gigi saat hamil, serta rasa tidak nyaman pada mulut.

Mungkin tidak mudah mendapatkan cara yang aman dan alami untuk meredakan sakit gigi saat hamil akibat gigi dan gusi sensitif. Namun, hal tersebut dapat kita siasati dengan merawatnya dengan pemilihan pasta gigi yang tepat. Pasta gigi yang diformulasikan khusus untuk gigi sensitif dapat meredakan iritasi pada gusi dan gigi.

Ibu hamil yang mengalami sakit gigi

Bagaimana cara merawat gigi sensitif selama kehamilan?

Ada beberapa cara untuk meredakan masalah gigi sensitif dan sakit gigi pada ibu hamil sekaligus membuat kondisi gigi dan gusi jadi lebih baik. Berikut adalah poin pentingnya:

  1. Melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut rutin ke dokter gigi ketika mulai merencanakan kehamilan dan selama kehamilan. Konsultasikan juga tentang pemilihan sikat gigi dan pasta gigi kepada dokter agar hasilnya lebih maksimal.
  2. Perhatikan makanan yang memicu gejala gigi sensitif, misalnya makanan atau minuman yang asam, terlalu panas atau dingin. Kurangi konsumsi gula, seperti makanan dan minuman manis karena dapat menyebabkan kondisi kebersihan rongga mulut menjadi memburuk dan rentan terhadap karies gigi dan penyakit gusi. Menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif seperti Sensitive Mineral Expert by Pepsodent dapat membantu meredakan rasa ngilu akibat gigi sensitif sehingga Anda dapat mengonsumsi makanan dan minuman favorit setiap hari.

Ketika terasa mual dan muntah jangan langsung menyikat gigi karena pH di rongga mulut masih rendah dan email gigi rapuh yang rentan terhadap terjadinya gigi sensitif.  Sikat gigi menggunakan sikat gigi khusus gigi sensitif dan sikat gigi dengan gerakan lembut dari arah gusi ke gigi. Bersihkan sela-sela gigi dengan lembut dan ganti sikat gigi secara berkala untuk menjaga kebersihan mulut.

Tentunya sakit gigi saat hamil akan sangat mengganggu. Makan pun jadi tak leluasa. Untuk itu, perawatan gigi saat hamil sebaiknya diprioritaskan seiring dengan gaya hidup sehat yang Anda jalani. Nikmati kehamilan yang menyenangkan dan terbebas dari keluhan sakit gigi.

Bagikan ini