Pria paruh baya mengonsumsi minuman sehat

Pilihan Makanan untuk Gigi Sehat yang Perlu Diperhatikan

Makanan yang Anda konsumsi ternyata memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan mulut, gigi dan gusi. Ada beberapa jenis makanan yang dapat merusak gigi, seperti menyebabkan plak gigi, mengurangi mineral pada gigi, hingga menyebabkan gigi sensitif . Namun, ada juga jenis makanan untuk gigi yang menyehatkan dan membuat gigi tetap kuat.

Kesehatan mulut tak kalah penting dari kesehatan organ tubuh lainnya. Perawatannya bisa kita mulai dari pemilihan makanan hingga pemilihan sikat dan pasta gigi yang tepat. Berikut adalah ulasannya.

Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari untuk Kesehatan Gigi

1. Gula

Sudah umum kita ketahui bahwa gula memiliki banyak efek buruk untuk gigi. Gula menjadi makanan bakteri dalam mulut, yang dapat menurunkan pH dalam rongga mulut menjadi asam sehingga dapat merusak email gigi. Email  merupakan perlindungan paling luar pada gigi.

Email gigi yang terkikis atau rapuh dapat menyebabkan gigi sensitif. Hal ini dapat menyebabkan rasa ngilu ketika Anda mengonsumsi makanan panas atau dingin, bahkan ketika ada angin yang masuk ke dalam rongga mulut. Rasa ngilu dapat dirasakan pada sebagian gigi atau secara keseluruhan.    

2. Makanan yang Lengket di Gigi

Selain karena gula, durasi makanan menempel di gigi juga berpengaruh besar pada kesehatan gigi. Makanan yang menempel lama di gigi mendorong bakteri memproduksi asam yang merusak gigi. 

Jadi, jangan lupa untuk membersihkan gigi setelah Anda mengonsumsi makanan lengket seperti selai kacang, kismis atau jelly . Selain itu, makanan yang kering seperti keripik atau dan roti yang mengandung gula juga bisa terselip di sela-sela gigi. Bersihkan segera, ya!

3. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi dapat menyebabkan bakteri memproduksi lebih banyak asam yang dapat merusak email gigi. Menyeruput minuman berkarbonasi sedikit demi sedikit secara konstan justru memberikan dampak buruk pada gigi. Akan lebih baik jika Anda meminumnya dalam sekali atau dua kali teguk daripada menyeruput sedikit demi sedikit.

4. Buah-buahan Asam

Meski secara umum baik untuk kesehatan, buah yang asam seperti jeruk dan lemon ternyata bisa menyebabkan berkurangnya mineral gigi. Tetap konsumsi buah-buahan ini dalam porsi secukupnya.

5. Alkohol dan Kopi

Alkohol dan kopi juga masuk ke dalam daftar minuman yang berdampak buruk untuk gigi karena dapat membuat mulut kering. Padahal, keberadaan air liur pada mulut memegang peranan penting untuk melakukan proses self cleansing.      

6. Makanan yang Mengandung Vinegar

Makanan yang mengandung vinegar atau cuka, seperti acar juga perlu diperhatikan. Jika Anda menyukai makanan sejenis ini, cukup konsumsi dalam waktu singkat. Hindari menjadikan ini camilan yang dimakan berulang kali seharian, karena akan berdampak lebih buruk pada gigi.

7. Makanan yang Bertekstur Keras

Makanan yang bertekstur keras tidak hanya bisa mematahkan gigi, tapi juga merusak lapisan mineral gigi, sehingga bagian dentin gigi dapat terbuka. Salah satu cara aman mengonsumsi makanan yang keras adalah dengan mendiamkan dalam mulut sebentar agar lebih lembut dan mudah digigit. Namun harus diperhatikan juga jenis makanannya, karena akan justru merusak gigi jika mengandung banyak gula

Brokoli dan donat

Makanan untuk Gigi Sehat dan Kuat

1. Makanan Tinggi Kalsium

Seperti tulang, gigi pun membutuhkan kalsium. Makanan tinggi kalsium melindungi lapisan terluar gigi sehingga struktur gigi terjaga dengan baik. Beberapa makanan yang kaya kalsium adalah susu, keju, dan kacang-kacangan. Selain berfungsi sebagai makanan untuk gigi kuat, minuman dan makanan yang mengandung susu dan keju juga punya rasa yang lezat.

2. Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat dapat meningkatkan produksi saliva atau air liur. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kandungan mineral sehingga menstabilkan asam dalam mulut serta berguna dalam proses self cleansing . Sajikan makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan di meja makan Anda.

3. Biji-bijian Utuh

Biji bijijan utuh atau whole grains juga masuk ke dalam daftar makanan untuk kesehatan gigi karena kaya akan serat dan vitamin B yang baik untuk kesehatan. Anda bisa mengonsumsi makanan yang terbuat dari kacang hijau, kacang kedelai, atau kacang mete.

4. Sayuran hijau

Makanan untuk gigi sehat selanjutnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung banyak vitamin dan mineral serta rendah kalori. Jenis makanan yang mengandung asam folat dan kalsium ini tak hanya baik untuk gigi, namun juga membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan jika dikonsumsi secara rutin.

Demikian ulasan makanan sehat untuk gigi yang penting untuk kita perhatikan. Untuk memberikan ekstra perlindungan, pilih pasta gigi yang tepat. Jika Anda memiliki masalah gigi sensitif, gunakan pasta gigi yang diformulasikan khusus untuk gigi sensitif seperti Sensitive Mineral Expert by Pepsodent . Pasta gigi ini dapat membantu mengurangi rasa ngilu saat Anda mengonsumsi makanan panas dan dingin. Gigi lebih sehat, Anda pun bebas menyantap makanan favorit.

Bagikan ini

AddThis is disabled because of cookie consent