sikat gigi behel

6 Cara Merapikan Gigi tanpa Harus Menggunakan Kawat Gigi

Gigi yang tidak beraturan dan berantakan bisa membuat seseorang merasa kehilangan percaya diri. Masalah seperti ini bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti pertumbuhan gigi yang tidak normal, infeksi gusi, kebiasaan mengisap jempol, faktor genetik hingga perawatan gigi yang kurang tepat.

Gigi yang berantakan sebenarnya masih bisa dirapikan kembali. Salah satu caranya adalah dengan memasang kawat gigi. Namun kawat gigi bukanlah satu-satunya cara merapikan gigi. Selain kawat gigi, berikut cara merapikan gigi yang tidak beraturan.

1. Aligner

Prinsip aligner sebenarnya cukup sederhana. Agar terlihat lebih rapi dan tidak terlalu renggang, gigi disangga dengan alat yang terbuat dari bahan plastik bening yang disebut aligner. Bentuk aligner sendiri berupa penyangga yang terbuat dari bahan plastik bening. Agar tidak mengganggu, aligner dibuat setipis mungkin.

Masa pakai aligner biasanya antara 2-3 minggu. Setelah itu, kamu harus menggantinya dengan yang baru. Setiap kali makan dan menggosok gigi aligner juga harus dilepas. Agar tidak menyebabkan masalah baru, aligner juga harus rutin dibersihkan.

2. Dental Contouring

Dibandingkan dengan cara meratakan gigi lainnya, dental contouring tergolong konservatif. Untuk meratakan gigi, lapisan enamel gigi dikikis sedikit. Setelah itu, gigi dibentuk kembali agar terlihat lebih rapi.

Cara ini sebenarnya cukup efektif untuk merapikan gigi dengan kasus yang tidak berat. Namun karena harus mengikis lapisan enamel gigi, dental contouring sangat tidak direkomendasikan untuk orang yang memiliki masalah gigi sensitif.

 

3. Dental Crown

Dental crown sangat lazim digunakan untuk merapikan gigi patah, tidak rata atau berlubang. Agar gigi terlihat lebih rapi, dibuatlah mahkota gigi tiruan atau dental crown untuk menambah bagian-bagian yang tidak rata atau rusak. Selain untuk merapikan gigi, dental crown juga bisa digunakan untuk menutup gigi yang menguning atau menghitam.

Mahkota gigi biasanya dibuat dari bahan logam, stainless steel, resin atau porselen. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan, dokter gigi juga akan memeriksa kondisi fisik gigi dan rontgen gigi terlebih dahulu. Setelah semua dipastikan aman, barulah pemasangan mahkota gigi buatan bisa dilakukan.

4. Veneer

Orang umumnya mengenal veneer sebagai prosedur untuk memutihkan gigi. Padahal selain untuk memutihkan gigi, veneer juga bisa digunakan untuk merapikan gigi.

Prosedur perbaikan gigi dengan veneer dilakukan dengan cara memasang cangkang buatan ke gigi yang tidak rapi. Cangkang gigi ini biasanya dibuat dari bahan keramik, porselen atau komposit.

5. Retainer

Pada dasarnya retainer ini mirip seperti aligner. Alat ini berfungsi sebagai penyangga untuk membantu mempertahan gigi yang sudah rapi agar tidak kembali menjadi berantakan. Retainer sendiri ada yang sifatnya tetap dan ada juga yang dapat dilepas pasang. Agar gigi senantiasa rapi, biasanya retainer digunakan selama 6 bulan berturut-turut.

Nah, itu tadi adalah beberapa alternatif untuk merapikan gigi. Tentunya kamu harus cek dan konsultasi ke dokter gigi yah untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan yang paling tepat untuk kondisi gigi geligimu! Selain memperbaiki susunan gigi geligi yang tidak rapi, langkah awal yang dapat kamu lakukan untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut yang diakibatkan oleh kasus gigi berantakan adalah dengan menggosok gigi secara teratur setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur agar tidak ada kotoran yang menempel dan berpotensi merusak gigi. Pilih pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan gigi. Agar gigi sehat & selalu terlindungi, sikatlah gigi menggunakan Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Whitening, selain dapat memutihkan gigi dalam 2 minggu, pasta gigi varian ini juga dilengkapi dengan 8 manfaat yang telah terbukti secara ilmiah untuk mencegah gigi berlubang, gusi sehat, lindungi dari plak, kurangi noda gigi, lawan kuman, lindungi email gigi, dan nafas segar 

Artikel telah ditinjau oleh drg.Veni Emiriya

Referensi:

  • https://hellosehat.com/gigi-mulut/perawatan-gigi/cara-merapikan-gigi-berantakan/ 

  • https://www.cekaja.com/info/cara-merapikan-gigi-tanpa-behel 

  • https://www.sehatq.com/artikel/ingin-merapikan-gigi-tanpa-behel-ini-cara-yang-bisa-anda-pilih