Gigi merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Sebab, fungsi gigi bukan hanya untuk mengunyah atau membantu kejelasan berbicara, tapi juga mempengaruhi penampilan. Bagi orang dewasa, jumlah susunan gigi permanen yang ideal adalah 32 yang biasanya  mulai tumbuh sejak usia 5 tahun.

 

Pertumbuhan Gigi Permanen Orang Dewasa

Tumbuhnya gigi permanen memang tidak terjadi begitu saja. Secara alamiah, gigi permanen orang dewasa baru akan tumbuh ketika 20 gigi susu yang dimiliki sewaktu kecil satu per satu mulai tanggal. Berikut perkiraan waktu tumbuhnya gigi dewasa berdasarkan waktu tanggal gigi susunya.

 

Rahang Bawah

  • Gigi seri bagian depan: 6-7 tahun
  • Gigi seri bagian samping: 7-8 tahun
  • Gigi taring: 9-10 tahun
  • Gigi premolar pertama: 10-12 tahun
  • Gigi premolar kedua: 11-12 tahun
  • Gigi geraham pertama: 6-7 tahun
  • Gigi geraham kedua:11-13 tahun

 

Rahang Atas

  • Gigi seri bagian depan: 7-8 tahun
  • Gigi seri bagian samping: 8-9 tahun
  • Gigi taring: 11-12 tahun
  • Gigi premolar pertama: 10-11 tahun
  • Gigi premolar kedua: 10-12 tahun
  • Gigi geraham pertama: 6-7 tahun
  • Gigi geraham kedua: 12-13 tahun

 

Untuk gigi geraham ketiga atau bungsu biasanya baru akan tumbuh saat berusia 17-21 tahun. Tapi, tidak menutup kemungkinan gigi geraham bungsu ini akan tumbuh di atas 21 tahun.

Jumlah Susunan Gigi Permanen Orang Dewasa

Setiap jenis gigi memiliki bentuk dan fungsinya masing-masing. Berikut adalah susunan gigi permanen orang dewasa beserta jumlah dan fungsinya:

 

Gigi Seri

Dari total jumlah 32 gigi orang dewasa, 8 diantaranya terdiri dari susunan gigi seri. Gigi seri ini sendiri terbagi di rahang atas dan rahang bawah. Gigi ini memiliki fungsi untuk menggigit dan memotong makanan.

 

Gigi Taring

Gigi taring berjumlah 4 buah yang terbagi di rahang atas dan rahang bawah. Letaknya sendiri tepat di sebelah gigi seri dan fungsinya untuk mengoyak atau merobek makanan.

 

Gigi Premolar

Susunan gigi premolar dewasa berjumlah 8 buah, yaitu 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah. Letak gigi ini di antara gigi taring dan gigi geraham. Fungsi gigi ini sendiri untuk mengunyah dan menggiling makanan.

 

Gigi Geraham

Susunan gigi geraham dewasa berjumlah 8 buah dan terletak di deretan belakang gigi atau berdekatan dengan pipi bagian dalam. Fungsi gigi ini adalah untuk menggiling makan sampai menjadi halus.

 

Gigi Geraham Bungsu

Ini merupakan gigi yang paling terakhir muncul dan terletak di paling belakang gigi geraham. Jumlah gigi geraham bungsu orang dewasa adalah 4 buah, yaitu 2 di rahang atas dan 2 di rahang bawah. Fungsi gigi geraham bungsu sama seperti gigi premolar yaitu untuk mengunyah dan menggiling makanan.

 

Rawat dan Jaga Gigi Anda dengan Baik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jumlah gigi orang dewasa idealnya memang 32 buah. Sayangnya, tidak semua orang memiliki jumlah genap seperti itu. Beberapa orang dewasa yang justru memiliki jumlah gigi lebih banyak atau bahkan lebih sedikit. Entah karena bawaan genetik, kelainan anatomi, kondisi medis tertentu, hingga mengalami cedera atau trauma. Segala kelebihan dan kekurangan gigi ini sebetulnya bisa diatasi dengan melakukan perawatan di dokter gigi.

 

Mulai dari cabut gigi, operasi, pemasangan gigi palsu, implan gigi, dan masih banyak banyak lainnya. Terlepas dari jumlah gigi dewasa yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, penting juga bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik. Akan tetapi, menjaga kesehatan gigi juga tidak boleh sembarangan, termasuk dalam memilih sikat gigi.

 

Pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu lembut, karena mampu membersihkan celah gigi dan  area yang sulit dijangkau. Selain itu, pilihlah sikat gigi yang memiliki gagang sikat yang kuat dan nyaman untuk digenggam. Anda bisa menemukan semua kriteria tersebut dalam sikat gigi Pepsodent Action 123 Medium yang dirancang untuk tiga fungsi utama, yaitu mencegah gigi berlubang, membersihkan noda di gigi dan memberikan nafas yang lebih segar.

 

Pastikan penggunaan sikat gigi juga rutin diganti tiap 3 bulan sekali untuk mencegah pemakaian sikat gigi dengan tumpukan bakteri berlebih. Jadikan sikat gigi Pepsodent Action 123 Medium sebagai rangkaian penting dari perawatan gigi Anda setiap hari.

Bagikan ini