Ketahui Penyebab Gusi Bengkak Saat Hamil

Dapatkah Mouthwash Menghilangkan Karang Gigi?

Banyak orang beranggapan kalau masalah gigi hanya berupa rasa nyeri yang tak tertahankan. Padahal, ada berbagai masalah gigi lainnya yang membutuhkan penanganan intensif, salah satunya adalah karang gigi. Penggunaan mouthwash untuk menghilangkan karang gigi diduga ampuh sehingga tidak membutuhkan prosedur medis apapun. Apakah memang benar?

Alangkah lebih baik jika kamu mengenal seluk-beluk tentang karang gigi terlebih dahulu sebelum mengandalkan mouthwash untuk karang gigi.

Apa yang Dimaksud dengan Karang Gigi?

Karang gigi (juga sering disebut kerak gigi) adalah timbunan plak gigi yang berasal dari percampuran protein, sisa-sisa makanan, dan bakteri dalam rongga mulut. Timbunan tersebut akan terkumpul sedikit demi sedikit hingga mengeras dan sulit dibersihkan dengan menyikat gigi. 

Sebenarnya air liur berfungsi menjadi pembersih alami sekaligus mencegah timbulnya plak penyebab karang gigi. Namun, kemampuan air liur jadi tidak efektif bila plak sudah mengeras membentuk karang gigi. Kamu butuh bantuan dokter gigi untuk menghilangkan karang gigi yang terlanjur menumpuk melalui metode scaling.

Menghilangkan Karang Gigi dengan Metode Scaling

Scaling gigi adalah prosedur perawatan non-operasi yang bertujuan menghilangkan plak dan karang gigi. Proses menghilangkan plak dan karang gigi menggunakan alat bergetaran tinggi untuk memecahkan karang gigi yang disebut ultrasonic scaler. Tak cuma orang dewasa yang membutuhkan scaling gigi, anak-anak juga membutuhkan prosedur tersebut untuk membersihkan gigi sampai tuntas.

Beberapa tahapan yang harus dilalui saat scaling gigi adalah sebagai berikut:

  • Dokter akan memeriksa kondisi kesehatan gigimu terlebih dahulu serta mencari tahu tentang riwayat alergi atau penyakit lainnya sebelum memulai proses scaling. Selain itu, dokter juga akan mengidentifikasi lokasi plak dan karang pada gigi menggunakan cermin kecil. Kemudian, biasanya dokter akan memberi tahu perkiraan durasi scaling gigi berdasarkan kondisi yang sudah diamati, yaitu berkisar antara 30 hingga 120 menit.

  • Selanjutnya, dokter gigi akan memberikan anestesi lokal (bila diperlukan) untuk mencegah rasa nyeri yang biasanya muncul pada beberapa orang yang memiliki sensitivitas gigi tinggi selama scaling berlangsung.

  • Jika anestesi mulai bereaksi, dokter akan segera memulai proses scaling gigi menggunakan ultrasonic scaler. Ujung ultrasonic scaler yang runcing akan membantu membersihkan plak dan karang sampai tuntas hingga ke bagian mulut yang sulit dijangkau.

  • Dokter akan meminta pasien berkumur beberapa kali selama proses scaling berlangsung untuk menyingkirkan plak dan karang yang sudah lepas dari gigi.

  • Kalau proses pembersihan plak dan karang gigi sudah selesai, dokter akan memoles permukaan gigi dengan alat yang ujungnya terdiri dari karet lembut.

Saat scaling gigi telah rampung, dokter akan menganjurkanmu untuk tidak makan dan minum selama kurang lebih 60 menit. Dokter juga siap meresepkan obat anti nyeri jika kamu mengalami rasa ngilu hebat selama scaling gigi berlangsung.

Apa Manfaat Mouthwash untuk Karang Gigi?

Mouthwash atau obat kumur tidak memberikan manfaat langsung untuk menghilangkan karang gigi. Namun, bukan berarti kamu tidak butuh mouthwash lho. Selain menyikat gigi 2 kali sehari, kamu juga wajib menggunakan mouthwash setelahnya untuk membersihkan sisa makanan secara menyeluruh agar tidak menimbulkan karang gigi. 

Penggunaan mouthwash dapat membantu membersihkan sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi sehingga risiko pengerasan plak yang menimbulkan karang gigi bisa diminimalkan. Pilihlah mouthwash yang bebas alkohol dan dilengkapi teknologi mutakhir yang membuat gigimu senantiasa sehat dan bersih.

Kini, kamu tak perlu bingung lagi memilih mouthwash untuk mencegah karang gigi karena Pepsodent memiliki Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Active Defense Anti Bakteri. Obat kumur Pepsodent ini dilengkapi teknologi Cetylpyridinium Chloride (CPC) yang membantu menguatkan daya tahan gigi dan mulut. Tak hanya itu, kandungan CPC dalam Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Active Defense Anti Bakteri dapat mengurangi ≥99.9% jumlah kuman dan bakteri dalam 30 detik dan mengurangi plak hingga 5x setelah 30 hari penggunaan.

Di samping itu, Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Active Defense Anti Bakteri juga diperkaya kandungan fluoride untuk menjaga gigi agar tetap sehat dan kuat. Produk mouthwash ini mengandung formula yang unik dan lembut serta bebas alkohol sehingga tidak menimbulkan sensasi terbakar pada mulut. Kamu jadi tak perlu khawatir lagi dengan risiko kemunculan karang gigi bila rajin menyikat gigi 2 kali sehari dan menggunakan produk mouthwash terbaik untuk menjaga kesehatan gigi.

 Artikel telah ditinjau oleh drg.Veni Emiriya

Referensi:

  • hellosehat.com/gigi-mulut/gigi/cara-menghilangkan-karang-gigi/  

  • hellosehat.com/gigi-mulut/perawatan-oral/jenis-obat-kumur/

  • tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/plak-dan-kerusakan-gigi/cara-menghilangkan-karang-gigi.html

  • https://www.dentistryiq.com/dental-hygiene/salaries/article/16357693/cetylpyridinium-chloride-reduces-plaque-calculus