5 Tanda Terjadi Infeksi Pada Gigi Berlubang

3 Tanda Bahwa Anda Mengalami Abrasi Gigi

 

Gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat mempengaruhi penampilan. Oleh sebab itu, Anda harus telaten merawat gigi agar selalu sehat dan membuat Anda percaya diri. Selain masalah karang gigi dan gigi berlubang, masih banyak gangguan kesehatan gigi lainnya yang patut diwaspadai. Salah satunya yaitu abrasi gigi.

Apa yang dimaksud dengan Abrasi Gigi?

Abrasi gigi adalah kondisi gigi terkikis akibat interaksi dengan berbagai instrumen, misalnya gesekan antar gigi atau gesekan dengan benda asing. Masalah abrasi gigi yang dibiarkan begitu saja akan membuat lapisan enamel terkikis hingga ke bagian dentin. Akibatnya, rangsangan luar berupa perubahan suhu maupun kandungan asam lebih mudah mengenai saraf gigi hingga membuat gigi jadi hipersensitif.

Mengenal Berbagai Penyebab Abrasi Gigi

Hal-hal yang kerap menjadi penyebab abrasi gigi adalah sebagai berikut:

  • Menyikat gigi dengan cara yang kurang benar. Sikat gigi yang bertekstur kasar dapat lebih cepat merusak lapisan enamel gigi bila bergesekan dengan gigi secara keras dan terus-menerus.

  • Sering mengonsumsi makanan bertekstur keras, seperti daging, buah-buahan, dan es batu.

  • Berbagai kebiasaan buruk seperti membuka tutup botol dengan gigi, mengunyah es batu, menggigit ujung pensil, mengunyah tusuk gigi, menggigit cangkang kepiting, atau mengunyah daun sirih.

  • Menggunakan behel dengan kawat gigi yang daya cengkramnya terlalu kuat sehingga abrasi gigi tak dapat dihindari.

  • Tindik pada area bibir atau lidah.

  • Kebiasaan menggertakkan gigi secara tidak sadar (bruxism).

  • Posisi gigi palsu atau retainer yang kurang sesuai dengan bentuk rahang.

Tanda-Tanda Abrasi Gigi

 

3 Tanda Bahwa Anda Mengalami Abrasi Gigi

Beberapa tanda yang menunjukkan kalau Anda mengalami abrasi gigi, antara lain:

1. Terdapat cekungan tajam berbentuk huruf V pada bagian leher gigi di sekitar gusi

2. Permukaan gigi mengalami perubahan bentuk dan terlihat seperti patah.

3. Rasa nyeri dan ngilu yang sangat mengganggu karena gigi semakin sensitif. Sensasi tidak nyaman tersebut biasanya disebabkan konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam, panas, atau dingin.

Cara Mencegah Abrasi Gigi

Upaya mengatasi abrasi gigi jadi terasa mudah jika Anda konsisten menjaga kesehatan gigi sekaligus berkomitmen menyudahi kebiasaan buruk penyebab kerusakan gigi. 

  • Membersihkan gigi dengan sikat gigi bertekstur lembut. Salah satu produk sikat gigi yang bisa diandalkan untuk membantu mengatasi masalah abrasi gigi adalah Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Sensitive. Varian produk Pepsodent ini memiliki bulu sikat 20 kali lebih lembut berukuran 0,01 mm yang ampuh membersihkan 4 lapis plak. Leher 3 sudut pada sikat gigi Pepsodent Nanosoft Sensitive dapat menjangkau dan membersihkan hingga gigi paling belakang* sehingga membuat rongga mulut bersih maksimal.

  • Merawat gigi dengan pasta gigi khusus gigi sensitif. Pasta gigi yang tepat seperti Pepsodent Sensitive Mineral Expert Sensitivity Treatment dapat membantu meredakan masalah gigi ngilu hingga ke sumbernya. 

Kandungan Active Remin ComplexTM dalam pasta gigi Pepsodent ini dapat membantu perbaiki gigi sensitif dengan membentuk lapisan mineral alami gigi untuk meredakan ngilu secara efektif. Itulah sebabnya Pepsodent Sensitive Mineral Expert Sensitivity Treatment mampu memperbaiki 100% area gigi sensitif**.

Bagaimana Cara Mengatasi Abrasi Gigi?

Jangan panik dulu bila Anda terlanjur  mengalami masalah abrasi gigi. Gangguan kesehatan gigi tersebut dapat diatasi oleh  dokter gigi dengan beberapa pilihan cara  berikut ini:

  • Melakukan penambalan gigi dengan bahan komposit untuk melindungi dentin sekaligus mengembalikan bentuk gigi.

  • Memasang mahkota gigi (crown) bila masalah abrasi sudah menyebabkan kerusakan gigi yang lebih parah.

  • Menghentikan berbagai kebiasaan buruk yang menjadi penyebab abrasi gigi.

  • Menggunakan pelindung gigi (mouth guard) sebelum tidur untuk mengantisipasi abrasi gigi akibat bruxism.

  • Melakukan konsultasi dengan dokter bila masalah abrasi gigi berkaitan dengan pemasangan behel, gigi palsu, atau retainer. 

  • Melepas tindik pada area bibir dan lidah agar tidak merusak permukaan  gigi.

Jika kerusakan gigi dirasa semakin parah dan Anda belum sempat berkonsultasi dengan dokter gigi secara langsung, Anda dapat memanfaatkan layanan Tanya Dokter Gigi by Pepsodent. Layanan tersebut merupakan program konsultasi masalah gigi gratis via WhatsApp yang dapat membantu Anda menemukan solusi sebelum mengunjungi dokter gigi.

*Dibandingkan sikat gigi bergagang lurus

**Berdasarkan studi in-vitro

 

Bagikan ini