8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Cara Mengolah Cengkeh untuk Redakan Sakit Gigi

 

Cengkeh merupakan salah satu rempah aromatik asli Indonesia yang biasa digunakan untuk bumbu makanan maupun minuman. Namun tidak hanya itu saja, cengkeh juga kerap dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi hingga sakit perut. Bagi kamu yang sedang batuk, cengkeh juga bisa dimanfaatkan untuk membantu meredakan batuk yang mengganggu.

Kandungan Cengkeh Ternyata Baik untuk Kesehatan

Segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan dari cengkeh tidak terlepas dari kandungan di dalamnya. Cengkeh dikenal memiliki kandungan minyak atsiri yang disebut dengan eugenol.

Eugenol sendiri merupakan senyawa aktif yang bisa memberi efek anti nyeri. Senyawa yang satu ini mampu mematikan sinyal saraf yang memicu rasa sakit. Oleh karena itu eugenol kerap dimanfaatkan sebagai obat bius dan juga digunakan untuk membantu mengurangi nyeri sakit gigi.

Selain eugenol, cengkeh juga kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi yang ada dalam cengkeh diantaranya adalah vitamin C, vitamin E, vitamin K, mangan, kalsium dan magnesium.

Cengkeh dalam Dunia Medis dan Kesehatan Gigi

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia kedokteran, bukti-bukti ilmiah terkait cengkeh untuk sakit gigi semakin banyak bermunculan. Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Dentistry bahkan menunjukkan bahwa minyak cengkeh dapat digunakan untuk membantu mencegah erosi gigi.

Dengan kandungan eugenolnya, minyak cengkeh  dapat meredakan iritasi pada saraf gigi yang bermasalah dan membantu mengempiskan gusi yang bengkak akibat infeksi. Karena alasan-alasan inilah, minyak cengkeh digunakan dokter gigi untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang.

Jaga Kesehatan Gigi, Gusi dan Mulut dengan Pepsodent Complete 8 Cengkeh

JPEG - 03. Pepsodent March 2022 Sub Header 1.jpg

Segala manfaat cengkeh bagi kesehatan kini bisa kamu dapatkan dengan cara yang jauh lebih mudah dan lebih aman. Pepsodent Complete 8 Cengkeh merupakan pasta gigi yang mengandung segala kebaikan cengkeh untuk kesehatan gigi dan gusi.

Kandungan sifat antibakteri dari ekstrak cengkeh dalam Pepsodent Complete 8 Cengkeh dapat membuat gusi lebih sehat alami. Pasta gigi ini juga mengandung garam yang dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan mulut. Gigi dan gusi pun jadi lebih sehat secara alami.

Pastikan kamu mendapatkan perlindungan maksimal dari masalah gigi dan gusi dengan menggosok gigi 2 kali sehari, pagi dan malam, menggunakan Pepsodent Complete 8 Cengkeh.

Referensi:

  • https://hellosehat.com/gigi-mulut/perawatan-oral/manfaat-cengkeh-untuk-sakit-gigi/ 

  • https://www.halodoc.com/artikel/benarkah-cengkeh-dapat-sembuhkan-sakit-gigi 

  • https://gaya.tempo.co/read/1445528/redakan-nyeri-sakit-gigi-dengan-4-obat-herbal-ini-kunyah-cengkeh-salah-satunya

  • https://katadata.co.id/safrezi/berita/615d41c001084/mengulas-kandungan-cengkeh-yang-bermanfaat-untuk-kesehatan

  • https://mediaindonesia.com/humaniora/381718/khasiat-minyak-cengkeh-lindungi-gigi-hingga-redam-penuaan-kul

 

 

Bagikan ini