Gusi sering berdarah

Gusi Sering Berdarah? Segera ganti Sikat Gigimu!

Gusi berdarah saat menyikat gigi sering dianggap sebagai hal sepele. Kebanyakan orang mengira bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh gerakan menyikat gigi yang terlalu keras, sehingga dapat membuat sebagian orang semakin kurang telaten menyikat gigi karena takut dengan kondisi gusi berdarah. Padahal, gusi berdarah saat menyikat gigi bisa menjadi pertanda gangguan pada kesehatan gusi.

Ketika gusimu berdarah saat menyikat gigi, itu tandanya Anda memiliki kondisi peradangan pada gusi. Pada kondisi tersebut, Anda perlu  lebih memperhatikan  pemilihan  sikat gigi yang lembut di gigi dan gusi. Selain memilih  sikat gigi yang ekonomis, Anda juga perlu  memperhatikan kepala dan bulu sikatnya.

Tips Agar Gusi Tidak Berdarah Saat Menyikat Gigi

Berikan perawatan terbaik untuk gusimu agar tidak mudah berdarah, terutama pada saat menyikat gigi. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko gusi berdarah, antara lain:

  • Pilih Sikat Gigi Berbulu Lembut

Membeli sikat gigi perlu  memperhatikan tekstur bulu dari sikat gigi. Sikat gigi yang direkomendasikan adalah yang memiliki bulu sikat lembut (soft)

Salah satu produk sikat gigi dengan  tekstur bulu sangat halus dan ekonomis adalah Pepsodent Brilian Soft. Pepsodent Brilliant Soft merupakan sikat gigi dengan bulu yang halus dan lebih rapat* sehingga sangat efektif untuk membersihkan dan menghilangkan plak terutama di sela-sela gigi, namun tetap lembut agar tidak melukai gusi.

Pepsodent Brilian Soft sudah dilengkapi dengan pembersih lidah agar nafas jadi lebih segar. Tak hanya itu saja, sikat gigi lembut ini juga memiliki gagang sikat gigi yang didesign bersudut untuk menjangkau lebih baik dan pegangan yang nyaman dan tidak licin agar lebih mudah menyikat gigi.

  • Sikat Gigi Secara Perlahan

Agar gusi tidak mudah  berdarah, cobalah untuk menyikat gigi dengan perlahan. Pastikan Anda menyikat seluruh gigi agar kotoran dan plak yang melekat pada sela-sela gigi bersih sempurna.

Gusi yang berdarah saat menyikat gigi memang bukan masalah besar. Akan tetapi, jika dibiarkan begitu saja luka di gusi bisa semakin parah dan menyebabkan gusi bengkak yang disertai rasa nyeri. Jika Anda merasakan ketidaknyamanan pada bagian gusi dan mulut, segeralah periksakan diri ke dokter gigi.

Artikel telah ditinjau oleh drg.Fatimah Gita

*dibandingkan dengan sikat gigi Unilever lainnya