8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Keutamaan Siwak untuk Kebersihan Gigi dan Mulut

 

Sebelum mengenal sikat dan pasta gigi, orang-orang pada zaman nabi sudah menggunakan siwak untuk menjaga kebersihan gigi. Penggunaan siwak juga disunahkan oleh Rasulullah SAW. Keutamaan bersiwak ini tidak terlepas dari manfaat yang ditawarkannya. Bahkan dalam sebuah penelitian, siwak terbukti mampu mengurangi plak gigi.

Manfaat Siwak untuk Gigi dan Mulut

Khasiat siwak sangat erat kaitannya dengan kandungan di dalamnya. Di dalam siwak, terkandung fluoride, chloride, alkaloid, sodium bikarbonat dan silika yang bagus untuk gigi. Siwak juga mengandung tanin, sulfur, kalsium, essential oil dan vitamin C yang bagus untuk membantu menjaga kesehatan mulut. Itulah kenapa siwak begitu kaya akan manfaat.

1. Mencegah gigi berlubang dan memperkuat email gigi

Dalam siwak, ada kandungan essential oil yang sangat bagus untuk mencegah gigi berlubang. Kandungan ini juga bisa membantu memperkuat email gigi. Namun untuk menikmati kegunaan siwak yang satu ini, kamu harus menggigit dan mengunyahnya terlebih dahulu. Mengunyah siwak juga akan meningkatkan produksi air liur yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan mulut.

Air liur berfungsi menjaga keseimbangan pH dalam mulut dan membantu proses pembersihan alami dalam mulut. Keseimbangan pH yang terjaga dapat mencegah pertumbuhan bakteri.

2. Mencegah bau mulut dan menyegarkan nafas

Salah satu masalah mulut yang paling banyak dikeluhkan orang adalah bau mulut. Meski sudah sering menggosok gigi, bau mulut terkadang masih tetap ada. Tentu saja, ini bisa sangat mengganggu hubungan sosial manusia.

Bau mulut pada dasarnya disebabkan oleh bakteri. Bakteri sendiri umumnya dipicu oleh sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Membersihkan gigi dengan sikat dan pasta gigi mengandung siwak dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri, dengan sifat antibakteri dari siwak.

3. Mencegah terbentuknya plak gigi

Plak gigi terbentuk dari sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan bisa menumpuk hingga kemudian membentuk plak yang sulit dihilangkan. Padahal jika tidak dibersihkan, bakteri bisa mengubah plak menjadi asam yang merusak gigi.

Siwak mengandung silika yang mampu mencegah terbentuknya plak gigi. Dengan menggosok gigi secara rutin dengan siwak atau pasta gigi yang mengandung siwak, sisa-sisa makanan dan sisa makanan dapat hilang dan plak dapat dicegah. Menariknya lagi, noda kuning pada gigi juga bisa dihilangkan dengan siwak.

4. Melindungi gusi

Plak tidak hanya bisa merusak gigi. Saat sisa-sisa makanan dibiarkan menumpuk, plak yang terbentuk juga bisa memicu radang gusi atau gingivitis. Tidak hanya itu, risiko mengalami periodontitis juga turut meningkat.

Masalah gusi seperti ini bisa dicegah dengan cara menggosok gigi menggunakan siwak. Kandungan antibakterinya akan membunuh bakteri di sela-sela gigi dan gusi. Tidak hanya itu saja, gusi juga jadi lebih sehat dan kuat.

Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Pepsodent Complete 8 Siwak

Bersiwak bukan hanya sebatas menggunakan siwak untuk membersihkan gigi. Bagi umat Islam, bersiwak artinya lebih dari itu. Bersiwak juga merupakan ikhtiar untuk mengikuti sunnah nabi. Secara medis, siwak juga kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan mulut dan gigi.

Segala kebaikan siwak kini bisa kamu dapatkan pada Pepsodent Complete 8 Siwak. Gosok gigi 2x sehari secara rutin dengan Pepsodent Complete 8 Siwak. Kandungan antibakteri alaminya mampu melindungi gigi dan mulut dari bakteri penyebab masalah kesehatan gigi & mulut. Ditambah dengan kandungan mint dalam Pepsodent Complete 8 Siwak, mulut juga jadi lebih segar. Tak hanya itu, sebanyak 2,5% laba keuntungan dari Pepsodent Siwak akan didonasikan untuk program kepada anak yatim piatu, loh!

Referensi:

  • https://hellosehat.com/gigi-mulut/perawatan-oral/manfaat-siwak-untuk-kesehatan/ 

  • https://www.alodokter.com/mengenal-siwak-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-gigi-dan-mulut 

  • https://www.tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/diet-dan-gaya-hidup/mengenal-siwak-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-gigi-serta-mulut.html 

  • https://m.merdeka.com/jabar/7-manfaat-siwak-untuk-kesehatan-gigi-begini-cara-pakainya-kln.html

Bagikan ini