8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Apa Saja Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Gigi?

Beberapa tahun terakhir, popularitas habbatussauda di tengah masyarakat Indonesia semakin mengemuka. Banyak produk herbal yang dibuat dari habbatussauda sebagai bahan utamanya.  Masyarakat yang familiar dan kenal akan khasiat habbatussauda terus bertambah. Tak mengherankan, suplemen habbatussauda kian populer.

Ibnu Sina dan Penelitian Terkait Habbatussauda

Manfaat habbatussauda telah lama dikenal oleh masyarakat India dan Timur Tengah. Sebagai tanaman subtropis, habbatussauda atau biji jintan hitam memang mudah dijumpai di Asia Selatan dan Asia Barat. Tak mengherankan, tanaman herbal yang satu ini kerap dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan pengawet makanan alami.

Meski sudah banyak dimanfaatkan, penelitian habbatussauda manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan baru dilakukan pada masa keemasan peradaban Islam. Orang yang meneliti manfaat habbatussauda secara lebih mendalam adalah Ibnu Sina, seorang ilmuwan Persia dan penulis terkenal di masanya.

Berdasarkan penelitian Ibnu Sina yang ditulis dalam jurnal medisnya, yakni Canon of Medicine, ditemukan bahwa habbatussauda terbukti ampuh mengobati sesak nafas. Selain itu, habbatussauda juga bisa menjadi obat cacingan, membantu merangsang produksi ASI dan bisa dimanfaatkan untuk membantu melemaskan otot dan sebagai diuretik.

Selain itu, habbatussauda juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, sakit kepala, hidung tersumbat, flu, wasir, konjungtivitis, abses, rematik, alergi, gangguan pencernaan hingga membantu meningkatkan sistem imun.

Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Mulut dan Gigi

JPEG - 03 Pepsodent Infographic March Q1 2022.jpg

Referensi:

  • https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-habbatussauda-untuk-kesehatan/ 

  • https://www.alodokter.com/kenali-manfaat-habbatussauda-untuk-daya-tahan-tubuh-di-masa-pandemi 

  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4543506/10-manfaat-habbatussauda-untuk-kesehatan-cocok-jadi-suplemen-puasa

  • http://news.unair.ac.id/2021/08/18/manfaat-jintan-hitam-di-bidang-kesehatan-gigi/

 

  •  

 

 

Bagikan ini