Nafas Segar Seharian dengan Obat Kumur Siwak

Nafas Segar Seharian dengan Obat Kumur Siwak

Meski tidak mengganggu penampilan, bau mulut nyatanya dapat memengaruhi kepercayaan diri dan kehidupan seseorang. Aroma tidak sedap yang keluar dari mulut tentu dapat mengganggu sesi bercakap-cakap dengan lawan bicara. Inilah sebabnya, bau mulut jangan disepelekan apalagi dibiarkan begitu saja. 

Namun tahukah kamu, bahwa bau mulut dapat diatasi dengan bahan alami yang disunnahkan? Kandungan siwak dalam obat kumur terbukti efektif membantu membasmi bakteri penyebab bau mulut

Apa  yang Menyebabkan Bau Mulut?

Penyebab bau mulut umumnya karena sisa makanan dan kotoran yang dibiarkan menumpuk di dalam mulut. Kondisi tersebut kemudian mengundang bakteri untuk  berkembang biak di dalam mulut dan menghasilkan gas sulfur (belerang). Gas sulfur inilah yang menjadi penyebab napas kamu bau menyengat atau tidak sedap. 

Adapun penyebab bau mulut lainnya juga bisa karena mengonsumsi makanan atau minuman tertentu yang berbau tajam dan menyengat seperti petai, bawang, jengkol, dan lain sebagainya. Selain itu, kebiasaan merokok, efek samping obat-obatan tertentu, gigi berlubang, masalah pada gusi, hingga gangguan pencernaan juga dapat menjadi penyebab bau mulut tak sedap.

Bagaimana Siwak Dapat Membantu Hilangkan Bau Mulut?

Nafas Segar Seharian dengan Obat Kumur Siwak

Siwak, atau yang dalam bahasa Arab disebut miswak, sejatinya adalah ranting atau batang dari pohon Salvadora Persica. Ukuran batang siwak umumnya kecil, teksturnya kasar dan berserat, serta berwarna cokelat muda. 

Orang-orang terdahulu, terutama masyarakat Arab kuno, menggunakan siwak untuk membersihkan dan merawat kesehatan gigi dan mulut. Bahkan Rasulullah menganjurkan umat muslim untuk bersiwak sebagai cara untuk membersihkan bagian-bagian mulut. 

Cara menggunakan siwak sendiri mirip seperti menyikat gigi biasa, yakni digosokkan ke permukaan gigi secara perlahan. Sebelumnya, kamu harus mengunyah siwak terlebih dahulu sampai serat batangnya keluar. Dengan menggabungkan fungsi sikat gigi dan pasta gigi, siwak dapat digunakan untuk membantu melindungi gigi dari berbagai kerusakan. 

Yang menarik, berbagai penelitian pun menemukan bahwa sifat antibakteri siwak dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, bersiwak juga dapat membantu menyegarkan mulut. Hal ini karena siwak memiliki kandungan senyawa aromatik yang dapat menyegarkan rongga mulut. Manfaat tersebut mirip ketika kamu baru saja menggunakan obat kumur, yakni mulut jadi terasa lebih bersih dan segar. 

Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki siwak untuk kesehatan gigi dan mulut, tidak mengherankan jika World Health Organization (WHO) menyetujui siwak sebagai salah satu agen kebersihan mulut (oral hygiene).

Bebas Bau Mulut dengan Rutin Pakai Obat Kumur Siwak

Jika kamu kesulitan untuk menemukan siwak atau kamu ingin lebih praktis dalam mendapatkan manfaat siwak, kamu bisa gunakan obat kumur Pepsodent Siwak Mouthwash.  

Pepsodent Siwak Mounthwash dilengkapi dengan ekstrak siwak untuk menjaga kekuatan gigi, menyegarkan nafas, dan melindungi gigi dari pertumbuhan plak selama 18 jam*. 

Dengan formula Zinc Mineral, Pepsodent Siwak Mouthwash juga membantu memberikan perlindungan antibakteri yang efektif namun tetap nyaman di mulut. Selain itu, kandungan fluoride di Pepsodent Siwak Mouthwash juga membantu remineralisasi gigi dan mencegah gigi berlubang. Yang terpenting, obat kumur siwak bebas alkohol sehingga halal, tidak pedih di mulut dan tidak menyebabkan mulut kering yang dapat membuat bau mulut. 

Gunakan obat kumur ini secara rutin pada pagi dan malam hari setelah menyikat gigi untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jangan lupa, pastikan kamu juga rutin kontrol ke dokter gigi setidaknya setiap enam bulan sekali. Dengan begitu, mulut dan gigi kamu akan senantiasa terjaga kesehatannya. 

Artikel telah ditinjau oleh drg.Nanditha Puspadewi

*Berdasarkan studi klinis