Alt text to fill

Pijat yang Efektif untuk Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan kondisi yang umum dialami oleh banyak orang mulai dari anak kecil sampai dewasa. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakitnya yakni dengan pijat sakit gigi. Penanganan ini memang bukanlah yang utama, karena bagaimanapun akan lebih baik jika Anda berkonsultasi ke dokter gigi. Pasalnya, ada banyak faktor yang menyebabkan sakit gigi, mulai dari perubahan hormon hingga peradangan yang serius. Dibutuhkan keahlian dokter gigi untuk mendiagnosis penyebab sebenarnya.

 

Meski demikian, pijat untuk meredakan sakit gigi setidaknya dapat menjadi pertolongan alternatif untuk mengatasi rasa sakit yang sudah tidak tertahankan. Metode ini dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga otot di sekitar gigi yang terasa sakit dapat semakin rileks dan rasa sakit mulai berkurang. Tersebar hampir ke seluruh tubuh, berikut titik dan cara yang tepat dalam melakukan pijat untuk sakit gigi.

Titik Usus Halus 18 (SI 18)

Yang pertama dan yang paling efektif adalah Small Intestine 18. Titik yang terletak di kedua sisi dari bawah tulang pipi, di bawah ujung mata, sejajar dengan bagian bawah hidung. Juga disebut titik lubang tulang pipi, Anda dapat menekan titik ini selama 60 detik menggunakan jari telunjuk dan tengah sambil mengambil nafas yang dalam, lalu menghembuskannya secara perlahan.

 

Titik Perut 6 (ST 6)

Kedua adalah titik perut atau disebut Stomach 6. Letaknya berada di antara rahang atas dan bawah. Untuk lebih tepatnya, bagian yang menonjol di daerah tersebut ketika Anda menguap adalah letaknya. Pijat sakit gigi dapat dilakukan di titik ini menggunakan ibu jari selama 60 detik sambil menarik nafas seperti pada SI 18. Anda dapat mengulanginya sampai rasa sakit mereda.

 

Titik Usus Besar 4 (LI 4)

Titik berikutnya adalah Large Intestine 4 yang terletak di bagian paling ujung dari ibu jari dan jari telunjuk. Titik ini memang dikenal sebagai lokasi yang tepat untuk meredakan sakit gigi ringan. Cara pijatnya adalah dengan menempelkan ibu jari ke jari telunjuk serta memijatnya dengan lembut selama empat hingga lima detik. Anda dapat melakukannya secara berulang sambil menarik napas.

 

Titik Perut 36 (ST 36)

Titik selanjutnya dapat ditemukan dengan menempelkan telapak tangan ke atas tempurung lutut. Letak jari kelingking menempel adalah titik Stomach 36. Caranya adalah dengan menekan titik tersebut perlahan dan mulai memijat ke arah tulang kering di bawahnya.

 

Pijatan pada keempat titik tersebut mampu mengatasi rasa sakit gigi, bahkan mengatasi keluhan lainnya juga. Sebut saja mengurangi stres, mual, sakit kepala, hingga mengatasi rasa lelah. Ketika melakukan pijat untuk sakit gigi, pastikan Anda melakukannya pada posisi yang nyaman dan melakukan pijatannya berulang kali sampai  rasa nyeri hilang. Jika tidak ada baiknya Anda segera bergegas ke dokter gigi.

 

Pentingnya Menjaga Gigi dan Mulut tetap Sehat

Dari semua langkah penanganan tersebut, lebih baik lagi jika Anda melakukan langkah pencegahan. Jagalah kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut Anda dengan menyikat gigi sekali setelah sarapan dan sekali sebelum tidur setiap hari, membersihkan plak dengan dental floss, dan rutin konsultasi dengan dokter gigi paling sedikit enam bulan sekali.

 

Dukung upaya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggunakan obat kumur Pepsodent Mouthwash Herbal Natural Anti Bakteri yang merupakan obat kumur untuk kesegaran mulut yang optimal. Obat kumur dari Pepsodent ini memiliki formulasi tanpa alkohol yang efektif membantu melawan bakteri dan memberikan rasa yang nyaman di mulut. Dengan Pepsodent Mouthwash Herbal Anti Bakteri, Anda dapat menjalani aktivitas harian dengan kesegaran maksimal tanpa ada gangguan bau mulut.

Bagikan ini