Apa Itu Siwak dan 5 Manfaatnya Untuk Gigi

Apa Itu Siwak dan 5 Manfaatnya Untuk Gigi

Belakangan ini, tren menyikat gigi menggunakan siwak atau siwak kembali naik daun. Hal ini memang tidak terlepas dari manfaat siwak yang mampu menjaga kesehatan gigi serta mulut. Jadi, tidak mengherankan bila kebiasaan bersiwak kembali populer di kalangan masyarakat sekarang ini. Siwak sendiri adalah bagian dari ranting atau akar dari pohon Salvadora perisca. Pohon yang masuk dalam kategori semak belukar ini banyak tumbuh di wilayah Timur Tengah, Afrika, dan juga Asia. Di beberapa negara, budaya bersiwak sudah dilakukan sejak dulu, bahkan dari 7000 tahun yang lalu.

 

Segudang Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Ada alasan tersendiri mengapa batang ini sudah dipercaya sekian lama untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Hal ini karena siwak memiliki kandungan lengkap yang berguna untuk merawat kesehatan gigi dan mulut, seperti alkaloid, silika, kalsium, chloride, fluoride, klorin, essential oil, dan sodium bikarbonat. Dengan banyak kandungan baik tersebut 1 batang siwak akan memberikan manfaat menyeluruh untuk gigi serta mulut. Secara umum, di bawah ini adalah beberapa manfaat siwak yang sayang untuk dilewatkan.

Mencegah Kerusakan Gigi

Kerusakan gigi terjadi akibat terkikisnya lapisan enamel atau email gigi. Terkikisnya enamel gigi ini disebabkan oleh bakteri yang ada di rongga mulut. Bakteri akan menggunakan sisa-sisa makan di sela-sela gigi untuk menghasilkan asam yang dapat mengikis lapisan enamel gigi. Nah, batang siwak menyimpan manfaat yang mampu mencegah terjadinya hal tersebut. Hal ini karena siwak mengandung fluoride yang dapat memerangi serta mencegah kerusakan gigi. Selain itu, kandungan natrium klorida, natrium bikarbonat, dan juga kalsium oksida di siwak juga berguna untuk memperkuat lapisan enamel gigi.

 

Mencegah Penumpukan Plak

Salah satu penyebab gigi berlubang dan gusi berdarah adalah penumpukan plak yang di gigi. Plak gigi dapat terbentuk dari sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi. Jika tidak segera dibersihkan, plak gigi ini akan menjadi sarang bertumbuhnya kuman dan bakteri penyebab masalah gigi. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa menggunakan batang siwak. Batang ini memiliki kandungan silika yang mampu mencegah terbentuknya plak di gigi. Di samping itu, sodium bikarbonat dalam siwak juga memiliki manfaat sebagai efek abrasif yang dapat menghilangkan bakteri penyebab masalah gigi.

 

Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut bisa muncul akibat menurunnya produksi air liur. Tidak hanya membuat mulut menjadi beraroma tidak sedap, produksi air liur yang menurun juga bisa menyebabkan masalah pada gigi, seperti radang gusi dan gusi berdarah. Kabar baiknya, salah satu manfaat siwak adalah meningkatkan produksi air liur karena cara penggunaannya harus dikunyah-kunyah terlebih dulu. Tidak hanya itu, zat antibakteri alami yang terkandung di dalam batangnya juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

 

Menyegarkan Mulut

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari penggunaan siwak adalah dapat menyegarkan mulut. Siwak diketahui memiliki kandungan senyawa aromatik yang dapat menyegarkan rongga mulut. Jadi, setelah bersiwak pastinya ada perasaaan bersih dan segar seperti baru saja menggunakan obat kumur.

 

Memperkuat Jaringan Gusi

Tidak hanya menjaga kesehatan gigi dan mulut saja, manfaat siwak lainnya adalah juga bisa memperkuat jaringan gusi. Seperti yang kita tahu, penumpukan plak gigi yang parah bisa memicu munculnya radang gusi atau gingivitis. Apabila radang gusi lama tidak diobati, dapat memengaruhi struktur tulang rahang atau dikenal dengan periodontitis. Dengan membersihkan gigi menggunakan siwak, maka pembentukan plak dapat dicegah dan mengurangi rusaknya jaringan pada gusi.

Semua manfaat di atas memperlihatkan manfaat siwak yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Anda pun bisa mendapatkan semua manfaat siwak di atas dengan menggunakan varian pasta gigi terbaru Pepsodent, yaitu Pepsodent Siwak. Varian pasta gigi satu ini adalah pasta gigi halal untuk merawat kekuatan gigi dengan kandungan ekstrak siwak yang dikenal sebagai antibakterial alami dan mint untuk menyegarkan napas saat berpuasa.

Bagikan ini