Cara Meredakan Gigi Goyang dan Sakit dengan Bahan Alami

Cara Meredakan Gigi Goyang dan Sakit dengan Bahan Alami

Gigi goyang dan sakit ternyata bukan hanya dialami anak kecil yang gigi susunya akan lepas. Masalah kesehatan gigi tersebut rupanya juga kerap dialami orang dewasa dan terasa sangat mengganggu. Beberapa penyebab gigi goyang terasa sakit pada orang dewasa adalah sebagai berikut:

●       Periodontitis: radang gusi parah akibat masalah infeksi. Selain membuat gigi goyang dan sakit, periodontitis juga menyebabkan gusi bengkak dan berdarah.

●       Osteoporosis: penyakit yang satu ini dapat mengurangi kepadatan tulang di area rahang, dan akibatnya memunculkan risiko gigi goyang

●       Trauma gigi: biasanya terjadi akibat kecelakaan, pukulan, atau benturan dengan benda tumpul.

●       Bruxism: kebiasaan menggemeretakkan gigi sehingga membuat akar gigi jadi longgar dari gusi.

●       Kebiasaan mengunyah atau menggigit sesuatu yang keras: contohnya, es batu, ujung pulpen, makanan bertekstur keras.

●       Hormon kehamilan: kondisi hormon yang tidak stabil semasa hamil membuat wanita rentan mengalami radang gusi (gingivitis) serta peningkatan jumlah bakteri mulut akibat peningkatan hormon progesteron. Keadaan yang lebih parahnya adalah periodontitis yang bisa membuat gigi goyang.

Meredakan Gigi Goyang dan Sakit dengan Bahan-Bahan Alami

Masalah gigi goyang dan sakit tentu tak boleh dibiarkan begitu saja. Kamu patut memanfaatkan beberapa bahan alami ini untuk meredakan masalah gigi tersebut:

1. Air Garam

Air garam mampu berperan sebagai anti inflamasi yang dapat meredakan infeksi gusi yang menyebabkan gigi goyang. Caranya, campurkan ½ sdm garam dengan 1 gelas air hangat. Berkumurlah dengan air garam selama kurang lebih 1 menit lalu bilas mulut dan mulailah menyikat gigi seperti biasa. Proses menyembuhkan gigi goyang dengan air garam patut dilakukan 2 hingga 3 hari sekali agar hasilnya maksimal.

2. Es Batu

Suhu es batu akan membuat saraf gigi mati rasa sejenak [SE8] sehingga sakit gigi mereda. Kamu tinggal menyiapkan beberapa bongkah es batu lalu membungkusnya dengan waslap bersih. Tempelkan waslap berisi es batu pada gigi yang sakit lalu diamkan selama beberapa menit. Cara ini bisa diulangi beberapa kali hingga sakit gigi benar-benar hilang. Namun, hati-hati bagi kamu yang memiliki gigi sensitif, karena sensasi dingin es batu dapat menimbulkan rasa ngilu, bahkan nyeri.

3. Cengkeh

Tahukah kamu kalau cengkeh juga berkhasiat menjadi painkiller untuk gigi yang terasa sakit? Rempah berwarna cokelat kehitaman ini mengandung senyawa eugenol yang membantu mengatasi rasa sakit yang diakibatkan gusi. Penelitian yang dirilis dalam Journal of Dentistry menyatakan bahwa senyawa eugenol dalam cengkeh juga membantu mengatasi rasa sakit secara alami.

Kamu hanya perlu menggigit batang cengkeh atau mengoleskan kapas yang sudah dicelupkan minyak cengkeh pada gigi yang sakit. Proses tersebut mesti dilakukan dengan hati-hati karena minyak cengkeh dapat menimbulkan sensasi panas jika terkena lidah atau tertelan.

4. Kunyit

Dilansir dari MDPI Open Access Journals, senyawa curcumin yang terkandung dalam kunyit berperan sebagai anti radang, antiseptik, dan antibiotik alami yang dapat mengurangi sakit gigi dan radang gusi. Kalau ingin memanfaatkan kunyit untuk mengatasi sakit gigi, kamu tinggal mengolahnya menjadi pasta gigi tradisional.

Caranya, campurkan 1 ruas kunyit berukuran sedang yang sudah ditumbuk halus dengan minyak kelapa dan baking soda. Aduk sebentar hingga ketiga bahan tercampur merata dan teksturnya menyerupai pasta. Kemudian, oleskan pasta kunyit pada gusi yang sakit sambil memijatnya perlahan-lahan selama 1 hingga 2 menit. Setelah 2 menit, buanglah sisa pasta kunyit pada gigi lalu berkumur dengan air sampai bersih.

5. Peppermint

Minyak peppermint dapat dimanfaatkan untuk meredakan radang gusi dan merawat gigi goyang yang terasa sakit. Kamu hanya perlu memijat gusi dengan minyak peppermint supaya gusi jadi lebih kuat dan tidak membuat gigi goyang. Ulangi proses memijat gusi dengan minyak peppermint beberapa kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Cara Meredakan Gigi Goyang dan Sakit dengan Bahan Alami

Masalah gigi goyang dan sakit tak akan mengganggumu lagi bila kamu merawat gigi secara cermat dengan pasta gigi berkualitas. Kalau tak mau gigi goyang dan sakit, kamu harus menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang. Varian produk Pepsodent ini memiliki formula Double Action yang diperkaya dengan Mikro Kalsium Aktif dan Pro-fluoride kompleks untuk memberikan perlindungan maksimal dari gigi berlubang, 10X gigi lebih kuat.g

Sikatlah gigi di pagi hari dengan pasta gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang untuk memperbaiki lubang kecil tak kasat mata bahkan berjam-jam setelah kamu menyikat gigi, kemudian sikatlah gigi di malam hari  untuk  mencegah gigi berlubang akibat sisa makanan dan minuman. Kebiasaan menyikat gigi 2x sehari, pagi dan malam dengan pasta gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang akan membuat gigimu sehat, kuat, dan terhindar dari masalah gigi berlubang untuk hidup sehat.

Bagikan ini