8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Apakah Tambal Gigi bisa Mengatasi Nyeri karena Gigi Berlubang?

Nyeri karena gigi berlubang pasti terasa menyiksa karena tak kunjung hilang, bahkan bisa semakin parah bila tidak diatasi. Jangan biarkan nyeri gigi berlubang terjadi terus-menerus hingga mengganggu kenyamananmu. Mari kenali dulu penyebab nyeri gigi berlubang serta mekanisme tambal gigi untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.
 

Mengapa Gigi Berlubang Menimbulkan Nyeri?
 

Masalah gigi berlubang dapat disebabkan oleh perkembangbiakan bakteri dalam mulut. Kondisi rongga mulut yang kotor dan dipenuhi sisa-sisa makanan membuat bakteri dapat hidup dan berkembang biak secara cepat. Bakteri yang hidup dari sisa-sisa makanan pada rongga mulut akan menghasilkan plak yang menempel pada gigi. Tak cuma menimbulkan karang gigi, plak juga menghasilkan kandungan asam yang rentan merusak enamel gigi dan membuat gigi jadi berlubang.

Nyeri gigi berlubang tidak akan terasa pada tahap awal kerusakan gigi. Biasanya nyeri akan mulai muncul saat lubang pada gigi semakin besar hingga menyebabkan gangguan saraf gigi atau menyebabkan gigi patah. Bahkan, nyeri karena gigi berlubang akan semakin parah bila kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin, terlalu panas, atau mengandung asam.
 

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Melalui Tambal Gigi
 

Penambalan gigi merupakan solusi paling efektif untuk mengatasi nyeri karena gigi berlubang. Tambal gigi adalah prosedur memperbaiki gigi berlubang atau rusak agar kembali dapat berfungsi seperti semula. Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu diawali dengan pembersihan area gigi yang sudah rusak, kemudian digantikan dengan bahan tambalan. Beberapa jenis bahan yang kerap digunakan dalam proses tambal gigi, antara lain:
 

  • Komposit: campuran matriks polimer matriks, anorganik filler, akselerator atau inisiator, dan pigmen, bahan yang paling sering digunakan karena warnanya menyerupai gigi asli.
  • Ionomer kaca: campuran asam poliakrilik dan serbuk kaca. Bahan ini mengandung fluoride yang dapat mencegah berkembangnya lubang pada gigi. Sering digunakan untuk menambal dan melapisi tambalan pada lubang yang sangat dalam.
  • Kombinasi Ionomer kaca dan resin: menggabungkan sifat rilis fluoride dari ionomer kaca dan ketahanan serta estetika komposit. Daya tahannya lebih rendah daripada komposit.
  • Porselen: bahan keramik yang tak hanya difungsikan untuk menambal gigi, melainkan juga membuat mahkota gigi (crown) dan veneer.
  • Aloi emas: mengandung bahan emas, tembaga, dan beberapa logam lainnya sehingga harganya terbilang paling mahal.

Berdasarkan metode yang digunakan, prosedur tambal gigi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Tambal gigi secara langsung (direct filling): area gigi yang rusak dan kotoran pada gigi berlubang dibersihkan lalu dokter akan langsung memasukkan bahan tambalan pada lubang tersebut. Jenis bahan tambalan yang lazim digunakan dalam proses ini adalah komposit.
  • Tambal gigi secara tidak langsung (indirect filling): proses ini membutuhkan dua langkah karena lubang gigi terlalu besar sehingga bahan tambalan harus dicetak terlebih dahulu. Langkah pertama yaitu menambal gigi dengan bahan tambalan sementara. Selanjutnya, langkah kedua adalah melepas tambalan sementara dan memasang bahan tambalan yang telah dicetak. Jenis bahan tambalan yang digunakan dalam proses tambal gigi tak langsung adalah emas dan porselen.

 

Apakah Nyeri Karena Gigi Berlubang Hilang Setelah Ditambal?

 

Pada umumnya, nyeri karena gigi berlubang akan hilang setelah ditambal. Hal tersebut dapat terjadi karena jalur saraf gigi tidak langsung bersentuhan dengan makanan dan minuman. Di samping itu, penambalan gigi juga turut menghentikan proses kerusakan gigi akibat kontaminasi bakteri sehingga nyeri berangsur-angsur hilang. Kamu patut berkonsultasi lagi dengan dokter gigi bila nyeri gigi berlubang tidak hilang beberapa minggu pasca penambalan gigi.

Jika nyeri karena gigi berlubang sudah teratasi, jangan malas melakukan kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan gigi. Salah satu kebiasaan yang patut kamu lakukan secara konsisten adalah menyikat gigi dua kali sehari. Agar gigi selalu sehat dan terhindar dari risiko berlubang, gunakan pasta gigi Pepsodent Complete 8 Multi Protection

Varian pasta gigi Pepsodent yang satu ini memberikan perlindungan menyeluruh pada gigi, lidah, gusi, dan pipi bagian dalam serta mengurangi 99% bakteri. Menyikat gigi dengan pasta gigi Pepsodent Complete 8 Multi Protection akan melindungi gigi dari plak selama 18 jam, menjaga kesehatan gusi, mencegah gigi berlubang, merawat gigi sensitif, mengurangi karang gigi, melindungi email gigi, membuat nafas segar, dan membuat gigi putih alami.

Merawat gigi jadi lebih praktis dan menyenangkan bila kamu selalu mengandalkan produk pasta gigi Pepsodent yang tepat sesuai kebutuhanmu.

 

Artikel telah ditinjau oleh drg.Nanditha Puspadewi
 

Referensi:

 

  • alodokter.com/sakit-gigi-berlubang-ini-penanganannya
  • alodokter.com/tambal-gigi-ini-yang-harus-anda-ketahui 
  • halodoc.com/artikel/cara-menangani-sakit-gigi-setelah-ditambal-sementara 
  • halodoc.com/artikel/ini-yang-perlu-dilakukan-usai-tambal-gigi

 

Bagikan ini