8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Apa yang Menyebabkan Sakit Gigi saat Hamil 9 Bulan?

Gangguan kesehatan yang terjadi pada saat masa kehamilan tentu terasa menyiksa dan membuat kamu waspada. Kamu ingin mengobati gangguan kesehatan tersebut, tetapi kamu mengkhawatirkan pengaruhnya terhadap calon buah hati di dalam kandungan. Salah satu dari gangguan kesehatan tersebut adalah sakit gigi, apalagi pada saat usia kandungan sudah mencapai 9 bulan.

Selain mulai kewalahan dengan ukuran kandungan yang semakin membesar, menahan sakit gigi saat hamil juga sangat menyebalkan. Jadi, sebaiknya kamu cermat mengenali penyebab sakit gigi saat hamil agar bisa segera melakukan penanganan yang tepat.
 

Apa Penyebab Sakit Gigi saat Hamil 9 Bulan?
 

Ada dua hal yang menjadi penyebab sakit gigi saat hamil, yaitu:

  1. Penumpukan plak gigi: Meningkatnya hormon progesteron saat hamil (1) dapat memicu peningkatan jumlah bakteri pembentuk plak gigi pada rongga mulut. Hal ini diperparah dengan peningkatan tingkat keasaman rongga mulut akibat kamu muntah berulang kali atau morning sickness. Kombinasi tersebut dapat meningkatkan risiko gigi berlubang dan gigi ngilu.
  2. Radang gusi (gingivitis): Hormon pada saat kehamilan (1) juga dapat menyebabkan radang gusi apabila disertai dengan faktor lokal berupa plak pada gigi. Peradangan pada gusi ini dapat diperparah juga dengan penurunan daya tahan tubuh saat kehamilan.
     

Mengenal Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil 9 Bulan
 

Memilih obat sakit gigi untuk ibu hamil 9 bulan memang tak boleh sembarangan supaya tidak menimbulkan gangguan kesehatan bagi ibu dan janin. Beberapa jenis obat sakit gigi yang aman bagi ibu hamil, antara lain:

 

  • Paracetamol: jenis obat ini lebih aman dibandingkan ibuprofen atau aspirin bila dikonsumsi sesuai anjuran dokter. Selain itu, paracetamol juga bisa meredakan gejala lain yang menyertai sakit gigi, seperti nyeri otot, sakit kepala, dan demam.
  • Antibiotik: beberapa jenis antibiotik yang aman untuk ibu hamil antara lain, penisilin, klindamisin, dan eritromisin. Meskipun terbukti aman, konsumsi antibiotik hanya boleh dilakukan sesuai resep dokter dan harus diminum sampai habis.

 

Cara Alami Meredakan Sakit Gigi saat Hamil
 

Apabila ragu untuk mengonsumsi obat sakit gigi, konsultasikan dengan dokter kandungan yang merawatmu. Selama menunggu, kamu dapat melakukan beberapa cara alami untuk meredakan sakit gigi, supaya tidak perlu menahan rasa sakit gigi saat hamil.

  • Mengompres gigi dengan es batu: siapkan waslap bersih untuk membungkus potongan-potongan es batu. Kemudian, tempelkan waslap berisi es batu pada pipi yang menjadi tempat gigi sakit, diamkan selama kurang lebih 5 menit. Suhu dingin es batu akan menonaktifkan saraf gigi untuk sementara waktu sehingga rasa sakit reda. Kamu bisa mengulanginya beberapa kali dengan jeda 5 menit hingga gigi terasa lebih nyaman.
  • Konsultasikan ke dokter gigi: Bila cara-cara di atas tidak mempan untuk mengatasi sakit gigi yang dialami, cara terakhir dan paling ampuh adalah dengan mengkonsultasikannya ke dokter gigi.
  • Mencegah timbulnya sakit gigi dengan rajin menyikat gigi: cara paling praktis untuk mencegah sakit gigi saat hamil adalah dengan rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari. Lakukan proses menyikat gigi yang benar agar bakteri dan plak penyebab sakit gigi lekas hilang dan tidak menyebabkan penyakit gigi.

Untuk mengurangi rasa ngilu akibat gigi sensitif, gunakan pasta gigi yang tepat seperti Pasta Gigi Sensitive Mineral Expert by Pepsodent Gum Care. Varian pasta gigi Pepsodent yang satu ini mengandung potassium citrate yang berfungsi untuk menenangkan saraf gigi, zinc untuk melindungi gigi dari plak, dan fluoride untuk mencegah gigi berlubang. 

Penggunaan pasta gigi Sensitive Mineral Expert by Pepsodent Gum Care secara teratur juga dapat membantu mengatasi masalah gusi karena mengandung mineral zinc yang dapat membantu melawan bakteri penyebab peradangan gusi dan mineral HAP yang memperbaiki dentin gigi untuk meredakan masalah gigi sensitif. Mulai sekarang, yuk menyikat gigi secara rutin dengan pasta gigi Pepsodent ini untuk menghilangkan ngilu pada gigi dalam 30 detik*. Risiko sakit gigi saat hamil akan berkurang drastis bila kamu menjaga kebersihan gigi secara telaten.



*Dengan aplikasi langsung dan pijatan lembut menggunakan ujung jari pada gigi yang sensitif selama 30 detik, berdasarkan penelitian klinis

 Artikel telah ditinjau oleh drg.Nanditha Puspadewi

Referensi:

  1. Wu, M. et al. 2015. Relationship between Gingival Inflammation and Pregnancy, Mediator of Inflammation, https://doi.org/10.1155/2015/623427
  2. Malik, R. 2009. Warm Saline Rinse, British Dental Journal, https://www.nature.com/articles/sj.bdj.2009.1093
  • Saadoui, M., et al, 2021, Oral microbiome and pregnancy: A bidirectional relationship, Journal of Reproductive Immunology, 145: 103293
  • Newman, M. A., et al., 2012, Carranza’s Clinical Periodontology, Missouri: Elsevier
  • halodoc.com/artikel/penanganan-tepat-sakit-gigi-saat-hamil
  • hellosehat.com/gigi-mulut/obat-sakit-gigi-untuk-ibu-hamil/
  • klikdokter.com/info-sehat/read/3633053/kiat-meredakan-nyeri-sakit-gigi-saat-hamil
  • ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5832562/

Diakses pada: 15 September 2021

Bagikan ini